Kompetensi Karyawan Jadi Kunci Keberhasilan Bisnis

Wecome Korea Telecom di Portal Ini!

Jakarta, 23 Oktober 2023 – Kompetensi pegawai menjadi salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan suatu perusahaan. Kompetensi Karyawan Jadi Kunci Keberhasilan Bisnis

Pegawai yang kompeten akan mampu bekerja lebih efisien dan efektif, sehingga dapat menghasilkan produk atau jasa yang berkualitas. Hal ini tentunya akan berdampak positif terhadap kinerja perusahaan secara keseluruhan. Ajak Nelayan Jaga Keberlangsungan Laut, Kemendikbudristek Gelar Lomba Perahu Layar Tradisional

Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003 mendefinisikan kompetensi sebagai kemampuan bekerja yang meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap terhadap pekerjaan yang memenuhi standar yang ditetapkan perusahaan.

Setiap perusahaan tentunya menginginkan karyawannya memiliki kompetensi. Sebab, pegawai yang berkualitas akan mampu memberikan kontribusi lebih kepada perusahaan.

“Kompetensi pegawai berbanding lurus dengan perkembangan perusahaan. Semakin tinggi kompetensi SDM, semakin produktif kerjanya, semakin cepat perkembangan perusahaan mencapai tujuannya,” kata Galuh Putri Asrirani, kepala departemen penilaian sumber daya di PPM Management Human. dikutip VIVA Edukasi.

Lalu bagaimana sebuah perusahaan bisa mengetahui seberapa kompeten karyawannya? Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan melakukan penilaian.

Evaluasi adalah proses pengumpulan informasi terkait peserta. Tujuannya adalah untuk menentukan profil kompetensi individu sesuai dengan kebutuhan kompetensi pekerjaan.

Ada banyak perusahaan penyedia jasa valuasi di Indonesia. Salah satunya adalah PPM Management yang telah menjadi mitra strategis berbagai perusahaan di Indonesia selama lebih dari tiga dekade.

Galuch menjelaskan asesmen merupakan program untuk mengidentifikasi profil kompetensi individu sesuai dengan persyaratan kompetensi profesional.

Program ini menggunakan kombinasi metode untuk menciptakan gambaran lengkap tentang profil individu, seperti penilaian berbasis kepribadian, penilaian berbasis pengetahuan, dan penilaian berbasis kompetensi. Kompetensi Karyawan Jadi Kunci Keberhasilan Bisnis

Tujuan penilaian adalah untuk mengidentifikasi kandidat untuk tujuan tertentu, seperti seleksi, promosi atau rotasi. Selain itu, dengan melakukan asesmen, perusahaan dapat mengidentifikasi kesenjangan kompetensi kandidat yang kemudian dapat dijadikan program pengembangan.

“Dengan kata lain, program penilaian merupakan program yang diperlukan setiap perusahaan untuk mengelola sumber daya manusianya dan meningkatkan kemampuannya dalam mencapai tujuan perusahaan,” ujarnya. Dengan adanya diversifikasi akses untuk memperkuat sumber daya manusia, pusat pelatihan ini juga akan menjadi hub layanan penempatan dalam ekosistem yang terintegrasi, kata Kasvi. Korea Telecom 13 Februari 2024